Selasa, 06 Juli 2010

Sharing dari manager penerbit penebarplus..

Di pesta buku jakarta lalu, selepas mengisi sharing bisnis, saya sempat berbincang-bincang dengan manager penerbit penebarplus, ibu hety. Saya bertanya kepada beliau, bagaimana penerbit menentukan suatu buku layak diterbitkan?

Beliau menjawab, "dalam memutuskan satu buku diterima dan diterbitkan oleh penebarplus, berdasarkan 4 kriteria,

pertama, melihat trend yang berkembang saat ini, dimana apabila ada calon penulis yang mengajukan naskah dengan tren yang ada saat ini, maka naskah tsb akan dibandingkan dengan pesaing, jika ada pesaing, maka dibandingkan apakah cukup dalam pembahasannya dalam menggali ide tulisannya, dan dimana kelebihan naskah tsb dibanding pesaing.

kedua, jika tidak ada pesaing dalam ide naskah yang sama, maka kita lihat apakah ada segmen pembacanya? cukup luas tidak segmennya? dan berapa perkiraan yang hendak membeli buku tsb?

ketiga, melihat profil dari si penulis. apakah latar belakang penulis cukup kuat sehingga kredibel di mata pembaca untuk menulis buku dg ide tsb. pembaca buku sebelum memutuskan membeli juga melihat si penulis dan jam terbang penulis di bidangnya.

dan keempat, lihat momen, saat ini, sedang momen sulap dimana-mana, maka penerbit penebarplus menerima dan menerbitkan buku tentang sulap. penulis juga bisa menulis berdasarkan momen sehingga penerbit tertarik menerbitkannya.

dari bincang-bincang di atas, saya akhirnya mendapat input informasi yang sangat berharga sebagai bekal untuk ide penulisan selanjutnya. Bagi teman-teman yang ingin terjun dalam dunia penulis bisa mulai memperhatikan garapan ide yang ditulis, dan bagi teman-teman yang punya tulisan tapi kesulitan dalam mengakses penerbit bisa manfaatkan jasa kreasipro enterprise disini...

selamat menulis..

- ikatkanlah ilmu dg menuliskannya...(anonim)

Tidak ada komentar: