Rabu, 07 Juli 2010

Susu kacang kedelai : gulanya murni, untungnya manis

Setiap pagi, saya selalu mendengar suara orang yang memanggil menjajakan jualannya. Bunyi suaranya, susu kacang kedelai, gulanya murni, rasanya manis. berulang-ulang suara itu seakan-akan memanggil orang-orang yang ingin sarapan ditemani susu kacang kedelai. mendengar suara itu, terkadang saya juga tertarik untuk membeli susu kacang ini.

ketika pagi itu, saya membeli untuk sekian kalinya dari dia, sebutlan bang aji sebagai penjualnya. Bang aji menjual susu kacang kedelai rasa vanilla dan coklat. dan dua-duanya, saya suka.dijual olehnya seharga Rp 2.500 dan cukup banyak porsinya untuk 1 bungkus susu kacangnya, bahkan bisa memenuhi gelas yang sangat besar. Rasanya memang enak, dan susunya agak kental.

pagi itu, bang aji bercerita, ia dagang keliling, sudah sekitar 2 tahun. ia menjajakan sekitar komplek pelni, taman duta dan pondok duta, depok. pagi ia keluar sekitar pukul 6 dan sekitar pukul 11 alhamdulillah selalu habis menurutnya.

susu kacangnya dibuat olehnya sendiri dengan dibantu oleh abangnya. ia dan abangnya berdagang ini dan membagi wilayah jualan kelilingnya. dan dagangan abangnya juga selalu habis.

dalam sehari, di hari biasa, ia bercerita bisa laku sekitar 80 bungkus sedangkan di hari sabtu dan minggu sekitar 120 bungkus. ia agak sungkan untuk mengatakan berapa untungnya selama 1 bulan."ya alhamdulillah mas, lumayan", ujarnya.. Namun, bila kita hitung, rata-rata omset anggaplah sekitar 6 juta (80 bungkus x Rp 2,500 x 30 hari = Rp 6 juta) dan ambil harga pokok produksi 50%, maka tidak kurang dari 3 juta-an yang bisa dinikmati olehnya untuk satu bulan.

bisnis kecil namun cukup mendatangkan keuntungan. bila teman mau mulai berbisnis, tidak usah muluk-muluk, bermodalkan uang secukupnya, bisnis seperti susu kacang kedelai bisa jalan. bila tidak ada motor untuk keliling, bisa pergunakan sepeda. membuat susu kacang juga tidaklah sulit, bisa diriset dan bahan baku juga mudah didapatkan.

think big memang perlu, namun start small dan action secepatnya..jika sudah berjalan, baru pikirkan percepatan pertumbuhan..untuk contoh susu kacang diatas,jika awal satu sepeda, kembangkan jadi 2, 3, 5, menuju 10 sepeda keliling. mudah2an bisnis menggelinding semakin besar..

selamat berbisnis kecil..(tapi beruntung besar :) )

Tidak ada komentar: