Senin, 05 Juli 2010

Strategi Marketing GRATIS !!!

Kemarin, hari minggu, 4 juli 2010, saya diundang oleh penerbit penebarplus untuk sharing tentang bisnis di pesta buku jakarta. beberapa pengunjung pameran buku yang mendengarkan sharing diberi kesempatan bertanya. ada salah satu pengunjung, seorang ibu yang bertanya cukup bagus. ia bertanya bagaimanakah strategi marketing dengan biaya murah bahkan gratis karena ia tidak punya modal, ia sendiri mempunyai usaha sajadah aplikasi anak.

saya pun menjawab, strategi marketing dengan biaya nol rupiah alias gratis salah satunya dapat memanfaatkan situs online yang gratisan, seperti blogspot, dll. banyak bisnis offline yang dikombinasikan dengan situs online menjadi lebih luas jangkauan pasarnya. namun, sistem jualan harus sedikit dimodifikasi, buatlah sistem keagenan, dimana agen diberikan diskon khusus sekitar 20-40% dari harga ritel sehingga menarik untuk menjual produk anda. yang perlu diperhatikan adalah produk yang dijual, kalau bisa menjadi yang pertama, kalau tidak bisa, harus inovatif dan berbeda dengan yang ada di pasaran. kalau cukup unik, produk menjadi daya magnet bagi agen untuk menjualnya kepada calon-calon konsumen. saya pun menambahkan dengan cerita tentang kisah sukses sandal lucu "imucu" yang tahun 2009 baru mulai, namun di tahun pertamanya langsung menembus omset Rp 1 milyar, salut sama mereka ! mereka dari awal langsung menyiapkan sistem keagenan sehingga dengan banyaknya agen yang mereka punya maka menggelindinglah bisnis mereka.

saya ceritakan juga untuk memulai bisnisnya tidak usah muluk-muluk, dengan modal seadanya, kita tetap mulai. kalau hanya sanggup produksi 10 buah sajadah, ya kita buat 10 buah dulu, laku, baru kita tambah lagi. kalau bisa untuk awal-awal, keuntungan jangan dimakan dulu, diputar dulu jadi produk, sehingga modal jadi bertambah.

dari bincang-bincang dengan ibu diatas, saya jadi tertarik untuk menggali tentang strategi marketing nol rupiah, moga2 bisa dikumpulkan dan saya tulis dalam satu buku, karena saya rasa buku tersebut sangat bermanfaat bagi usaha-usaha UKM yang baru dirintis..

Tidak ada komentar: