Selasa, 20 Januari 2009

Seminar Islamic Financial Freedom

Tidak terasa hampir setahun tidak pernah nulis di blog ini. baru sempat dan kepengen nulis lagi hari ini tgl 20 jan 09. baru-baru ini tepatnya tanggal 18 jan 09, saya ikut seminar tentang islamic financial freedom yang diadakan oleh orchide realty. di adakan di PSJ UI, mengingatkan kenangan lama masa kuliah karena sudah hampir 2 thn tidak pernah menginjakkan kaki di kampus depok.

pembicara di acara tsb adalah senior saya jaman kuliah, beliau adalah pak nasrullah, lulusan MIPA UI. beliau saat ini adalah direktur utama developer syariah dengan bendera Orchid Realty. ia menjadi milyader hanya dalam waktu 2.5 tahun di bidang properti.

di seminar ini banyak hal baru yang saya dapatkan. kalau biasanya, referensi kita adalah buku-buku barat. maka dalam acara ini, beliau memaparkan tentang konsep kebebasan finansial dalam kacamata perbandingan antara konsep barat dengan konsep agama. ternyata para sahabat rasul, salah satunya Umar bin khattab RA adalah pribadi kaya yang zuhud, bukan pribadi miskin. jadi salah kaprah, jika zuhud diartikan tidak memiliki apa-apa alias miskin, tapi zuhud adalah orang kaya yang menyumbangkan harta bendanya untuk hidup secukupnya di jalan Allah swt.

Umar sendiri ketika wafat, meninggalkan ladang pertanian sebanyak 70 ribu ladang, yang rata-rata harga ladangnya sebesar Rp 160 juta (perkiraan konversi ke harga rupiah). Itu berarti Umar meninggalkan warisan sebanyak Rp 11,2 triliun..setiap tahun rata-rata ladang pertanian itu menghasilkan Rp 40 juta, berarti Umar mendapatkan penghasilan Rp 2,8 triliun setiap tahun, atau Rp 233 miliar sebulan !!! (Fikih Ekonomi Umar bin Al-Khattab RA, penerbit Khalifa, hal. 47 & 99)

apa yang dimaksud dg islamic financial freedom ? nanti saya bahas di tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar: