Selasa, 27 Juli 2010

Sharing public speaking tips dari mantan Ketua Program Putri Indonesia

Beberapa pekan lalu, saya mengikuti training tentang public speaking yang diadakan oleh CBS Communication School. CBS sendiri adalah Charles Bonar Sirait, seseorang yang sangat berpengalaman dalam dunia public speaking, khususnya dalam dunia pertelevisian. Hari itu, pembicara adalah Bp Zulfikar Lukman, mantan Dirut Mustika Ratu Tbk., dan mantan ketua dari penyelenggara program Putri Indonesia.

Walau bukan CBS langsung yang mengisi training, namun pak Zulfikar juga ahli dan kompeten dalam membawakan topik public speaking. Para peserta training diberikan panduan dan tips agar bisa ahli dalam public speaking, tidak hanya di depan umum, namun komunikasi personal antar dua orang juga termasuk dalam public speaking menurut beliau. maka dengan belajar tentang public speaking, kita akan memperbaiki cara komunikasi kita agar lebih efektif ke lawan bicara. apalagi bagi orang-orang yang sering bicara di depan umum.

Menurut saya, belajar public speaking memang perlu bagi siapapun, saya pun yang kadang diundang mengisi training juga harus belajar sehingga bisa memperbaiki penampilan di lain waktu.

Di awal training, ia menampilkan 2 video ketika barack obama melakukan kampaye pemilihan presiden USA beberapa waktu lalu dan kedua, video ketika barack obama membawakan pidato kemenangannya. Barack Obama adalah salah satu figur yang berhasil dalam public speaking.
Dengan kekuatan public speaking-nya, obama berhasil meyakinkan warga amerika untuk memilihnya sebagai presiden pertama berwarna kulit hitam.

Pak zulfikar memberi tips-tips agar berhasil dalam public speaking, berikut ini tips2nya:

body language is important
bahasa tubuh dalam berbicara mengungkapkan banyak hal dibanding ucapan, perhatikan body language kita ketika bicara kepada lawan bicara..

Speak with conviction as if you really believe in what you are saying
bicaralah dengan percaya diri dan yakin apa yang dibicarakan...pendengar akan yakin jika kita yakin apa yang kita sampaikan

Do not read from notes for any extended length of time
jangan baca catatan sering-sering, baca seperlunya, kalau membuat kesalahan, perbaiki, tapi tidak perlu minta maaf, karena saat tampil, bukan waktunya minta maaf, tapi waktunya menunjukkan apa yang ingin anda sampaikan..

Maintain sincere eye contact with your audience
tetaplah jaga kontak mata dengan audiens, minimal 3 detik, tatap mata satu per satu..

Speak to your audience, listen to their questions, respond to their reactions, adjust and adapt
bicaralah pada audiens, minta respon mereka, buat interaktif, dan dengarkan pertanyaan mereka

Pause, allow yourself and your audience a little time to reflect and think
beri jeda ketika bicara topik yang berbeda agar audiens meresapi perkataan kita..

Add humor whenever appropriate and possible
berilah humor agar menyegarkan suasana, namun jangan terlalu banyak humor juga, seperlunya (pengalaman pribadi, ini yang seringkali lupa, humor yang dikasih ke audiens masih garing :D)

When using audio-visual aids to enhance your presentation, be sure all necessary equipment is set up and in good working order prior to the presentation
pastikan terlebih dahulu sebelum mulai semua alat audio visual yang digunakan berjalan lancar

Have handouts ready and give them out the appropriate time
beri audiens material presentasi sehingga bisa dibaca-baca terlebih dahulu

Know when to STOP talking
tahu kapan waktunya berhenti bicara, ingat waktu yang diberi panitia

Have the written portion of your assignment
jika sudah selesai, buatlah review tentang penampilan anda hari ini, sampaikan ke instruktur anda jika ada...


Setelah menjelaskan tips-tips di atas, pak zulfikar menantang 5 orang para peserta training sebagai volunteer untuk bicara di depan para peserta lain, masing-masing diberi waktu 5 menit. tidak menyia-nyiakan kesempatan itu, saya menunjuk tangan dan ikut terpilih sebagai 5 orang peserta yang akan diuji dan dibahas berdasarkan tips yang diberi di atas...

saya tampil membawakan topik tentang entrepreneurship di kalangan mahasiswa, sekitar 4 menit saya spontan bicara tentang ide-ide dan pengalaman saya di bidang entrepreneurship untuk kalangan mahasiswa..setelah selesai akhirnya dibahas, ternyata memang saya masih perlu belajar lagi tentang public speaking..masih ada kekurangan2 hmmm jadi semangat belajar public speaking, sepertinya menyenangkan...

2 komentar:

Bisnis Network Marketing mengatakan...

Terima kasih tips-tips nya, ini sangat bermanfaat dalam berkomunikasi dengan rekan kerja maupun rekan bisnis

mr.hendry mengatakan...

@ Budhi : terimakasih sudah mampir..alhamdulillah bs bermanfaat..