Jumat, 02 Juli 2010

Mengapa Yahoo jatuh hati pada Koprol ?

Pagi ini kubaca salah satu artikel menarik tentang akuisisi Yahoo Inc. beberapa bulan lalu terhadap salah satu situs jejaring sosial lokal, yakni Koprol.com...kelebihan situs ini yang menjadi pembeda dengan facebook adalah anggota yang bergabung akan disuguhkan lokasi dimana anggota lainnya berada. bagaimana satu anggota dengan anggota lainnya terhubung membagi informasi mengenai satu lokasi dari segi kuliner, jalannya, dsb.

Menurut Fajar Budiprasetyo, Chief Executive Officer SkyEight — perusahaan yang mengelola Koprol — salah satu faktor penting ketertarikan Yahoo adalah orang-orang yang membidani dan mengelola situs ini dinilai cukup mumpuni. “Yahoo menganggap manajemen dan tim Koprol mempunyai talent yang sangat kompeten,” ungkap Fajar.

Klaim Fajar tersebut diamini Pontus Sonnerstedt. Dalam kunjungan kerjanya ke Tanah Air, Country Manager Yahoo Indonesia ini mengakui pihaknya tertarik mengakuisisi Koprol karena melihat potensi bisnis dan kapabilitas yang dimiliki tim Koprol. “Mereka cerdas dan pekerja keras. Dengan sumber daya Yahoo, saya yakin Koprol akan tumbuh cepat, bukan saja untuk industri Internet di Indonesia, tetapi juga di luar,” Sonnerstedt menjelaskan.

Akuisisi ini juga karena melihat talenta Indonesia lebih mengerti pasar lokal. “Akuisisi Koprol untuk meningkatkan audiens Yahoo di sini. Saya yakin mereka lebih memahami bagaimana kebutuhan audiens di sini dengan sangat baik. Mereka lebih tahu apa yang harus dilakukan, dan bagaimana inovasinya,” tambah Sonnerstedt. Boleh jadi, langkah akuisisi awal Yahoo ini juga lantaran Yahoo ingin mengenal karakter pengguna Internet Indonesia. Maklumlah, menurut Sonnerstedt, Indonesia menjadi pasar Internet paling menjanjikan di antara negara ASEAN lainnya. Selain itu, akses mobile Internet di Indonesia tahun ini tumbuh hingga 500%.

Masuknya Yahoo Inc. ke pasar situs lokal menandakan makin menggiurkan bisnis internet lokal. kejadian ini dibuktikan lagi dengan menyusul masuknya East Ventures, pemodal ventura berbasis di Singapura, yang dikomandoi Batara Eto ke Tokopedia.com.


sumber : swa.co.id

Tidak ada komentar: