Senin, 18 Februari 2008

Cashflow daily versus hit income

Bila bicara bisnis, sebagai pemain amatir yg baru terjun di bidang bisnis tentunya kita ingin sesegera mungkin menghasilkan kas positif yang masuk kedalam usaha kita. Kesalahan umumnya pebisnis pemula ialah mengharapkan sesuatu yang besar yang sesungguhnya sangat sulit diraih jika syarat-syarat mereka sebagai pebisnis pro belum terpenuhi.

Berdasarkan pengalaman terjun di bisnis, kesulitan cashflow atau arus kas menjadi problem utama bagi pebisnis pemula. Kadang kita berpikir terlalu jauh dengan impian-impian yang terlalu muluk, walau hal tersebut tidak dilarang. Namun, kita menjadi kurang berpikir taktis dan cenderung berpikir strategis sehingga eksekusi sebuah plan menjadi mandul.

Pebisnis pemula dituntut untuk sesegera mungkin menghasilkan kas positif, apalagi bagi pebisnis dengan modal terbatas. Apabila cashflow belum juga positif, berarti tinggal nunggu waktu usaha kita menuju kebangkrutan.

oleh karena itu, apabila ingin membuka sebuah usaha, pikirkan lah apakah usaha tersebut langsung pada hari kita buka, akan langsung menggenerate income buat kita, atau menunggu beberapa waktu dulu baru uang akan masuk. Siapkan antisipasi dana cadangan apabila kenyataan tidak sesuai bayangan kita yg kita rencanakan matang2. Ternyata bisnis bukan hanya hitungan2 kadang yg tidak masuk akal jadi masuk akal, atau sebaliknya.

Tidak ada komentar: